1. Apakah Yang dimaksud EMIS Dashboard?
EMIS Dashboard adalah Informasi Data Pokok Pendidikan Islam, terdiri atas Data Madrasah, Data PTKI, Data Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Data PAI. Dashboard berisikan data pada semester yang sudah dan yang sedang berjalan. Pada semester berjalan dapat dimonitor pergerakan pendataan yang disajikan pada halaman depan bagian bawah dan pada menu utama Data Progres.
2. Apa saja yang ada di EMIS Dashboard?
Data rekap
Berisi Data Rekapitulasi Seluruh jenjang.
Data Statistik
Data statistik berisi data rekap per-semester secara berjenjang dari tingkat provinsi sampai level lembaga, terdiri atas data Lembaga, Data Siswa, Data Guru, Data Tendik dan Data Sarpras.
Data Progress
Data Progres adalah penyajian data EMIS pada semester aktif atau pendataan yang berjalan. Melalui
halaman ini bisa dilakukan montoring pendataan berdasarkan Provinsi, Kabupaten sampai dengan Kecamatan, pada tabel level kecamatan
dapat dilihat progres updating lembaga yang ditandai warna merah jika belum melakukan update
Cari Data
Cari Data berfungsi untuk mencari data dari unsur Lembaga, Guru dan Siswa.
Unduhan
Berisi Konten Data Unduhan, yaitu aplikasi feeder, daftar dari dasar hukum pengelolaan data, prosedur pendataan EMIS, Publikasi EMIS.
3. Sumber Data Dashboard
Data yang disajikan dalam EMIS Dashboard tersimpan dalam server database khusus dashboard dimana data ditarik dari database Aplikasi Pendataan EMIS secara sistem. Untuk Data Progres dalam dashboard ditarik otomatis setiap 24 jam/sekali.
1. Apakah EMIS Feeder?
2. EMIS Feeder digunakan untuk Lembaga apa?
Untuk tahap pertama EMIS Feeder yang disediakan adalah EMIS Feeder Madrasah.
3. Dimana kita mendapatkan aplikasi Feeder?
Aplikasi feeder dapat di download melalui website EMIS Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id) pada menu Unduhan. (Saat ini aplikasi feeder belum aktif digunakan, dikarenakan sedang proses ujicoba. Aplikasi direncanakan akan dioperasikan Semester Genap 2019/2020).
4. Bagaimana Cara Kerja aplikasi Feeder (Madrasah)?
Aplikasi feeder merupakan aplikasi berbasis web komputer lokal, dengan cara download dari
EMIS Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id). file dalam bentuk ZIP, perlu diekstrak. hasilnya file exe bisa langsung dijalankan.
Untuk pertama kali perlu koneksi internet untuk login ke server emis pusat dan menarik data awal profil lembaga
dilanjutkan menarik data siswa, guru, tendik dan sarpras. setelah mendapatkan data tersebut, koneksi bisa diputuskan
selanjutnya bekerja (update) untuk data-data lembaga, siswa, guru, tendik dan sarpras yang dilakukan secara offline.
Jika sudah selesai seluruhnya, maka data tersebut dikirim ke server pusat melalui mekanisme sinkronisasi.
a. Apakah persyaratan CAPESUN EMIS TP 2019/2020?
b. Bagaimana proses pendataan CAPESUN EMIS TP 2019/2020?
c. Bagaimana Proses Mendapatkan NPSN?
d. Bagaimana Proses Mendapatkan NISN?
e. Bagaimana mendapatkan Kode Registrasi EMIS pada LTMPT ?
1. Mengapa terjadi Error sewaktu Upload Data Santri (PPS,PDF dan Muadalah)?
Penyebabnya adalah Data excel yang diupload NIS Lokalnya masih kosong
Solusinya pastikan NIS lokal terisi sebelum melakukan import data santri.
2. Data Santri yang diimport tidak bisa masuk ke aplikasi?
Penyebabnya adalah karena NIS Lokal santri sudah ada yang menggunakan di database. Solusinya Lakukan perbaikan nis lokal didata yang mau diimport.
3. Mengapa pada saat Login, Tampilan lembaga Profile dalam keadaan Kosong?
Disebabkan perbedaan pada NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren), yaitu antara NSPP di akun operator dan NSPP di Data Master (EIS). Solusinya cek NSPP yang ada di Akun, dan NSPP data di EIS Lakukan perbaikan NSPP yang ada diakun, jika NSPP yang ada diakun sesuai dengan data yang di EIS.
4. Mengapa Data Kelas tidak bisa diedit?
Penyebabnya adalah keliru dalam memilih jenis Satuan Pendidikan dan salah dalam memilih Jenjang Pendidikan, Solusinya adalah memperbaiki data jenis satuan pendidikan dan jenjang pendidikan juga
Perbaikan data pada profile lembaga, kemudian tekan SAVE, baru melakukan perbaikin/edit data kelas.