Sambutan Sekretaris Ditjen Pendis

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirobbil ‘aalamiin, segala puji bagi Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sekalian, sehingga di tengah-tengah padatnya kesibukan dan rutinitas yang cukup menyita waktu, akhirnya Situs EMIS yang dikelola oleh Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi berhasil menampilkan wajah baru yang lebih “fresh”.

Data-data yang disajikan dalam situs ini merupakan rangkuman dari hasil pemutakhiran data pendidikan Islam TP 2015/2016 yang dilaksanakan oleh Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi untuk seluruh satuan pendidikan di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, yang terdiri dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), Pondok Pesantren, Diniyah, Lembaga Pendidikan Al Qur’an, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Guru PAI pada Sekolah dan Pengawas.

Kami berharap informasi yang terangkum di dalam situs ini dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan, penyusunan rencana kerja pengembangan dan pembinaan lembaga Pendidikan Islam serta dapat membantu para pengelola bidang pendidikan dalam meningkatkan tata kelola, pemerataan akses, serta peningkatan mutu dan daya saing lembaga-lembaga Pendidikan Islam sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan secara nasional. 

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh operator dan pengelola data pendidikan Islam di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kopertais, PTKIN, PTKIS, RA, Madrasah, Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam, Guru PAI dan Pengawas di seluruh Indonesia atas kerjasama dan kerja kerasnya dalam melakukan proses pemutakhiran data Pendidikan Islam Tahun Pelajaran 2015/2016 serta semua pihak yang telah membantu di dalam menyelesaikan pekerjaan penyusunan buku statistik ini. Semoga Allah SWT meridhoi hasil pekerjaan kita dan membalas dengan pahala yang setimpal. Aamiin ya robbal ‘alaamiin.

 

Wassalam

Moh. Isom Yusqi

Sekretaris Ditjen Pendis